Pentingnya Proteksi Rumah

Posted On // Leave a Comment
Kehidupan sebuah keluarga dapat dikatakan baik jika dapat memenuhi tiga kebutuhan utama, yaitu sandang, pangan dan papan. Namun, pernahkah Anda membayangkan musibah, seperti kebakaran menimpa Anda sehingga rumah Anda hangus? Bukan tidak mungkin urusan finansial Anda menjadi carut marut dan bahkan akan membuat kehidupan keluarga menjadi sangat sulit.

Siapa pun tidak dapat memprediksi masa depan. Namun, Anda dapat mempersiapkan agar masa depan keuangan Anda lebih terjaga dan terlindungi. Asuransi dapat membantu menjaga kelangsungan standar kehidupan keluarga Anda saat berbagai kesulitan terjadi atas harta benda yang dimiliki. Asuransi rumah mungkin bukan jenis asuransi yang wajib dimiliki semua orang seperti halnya asuransi kesehatan. Namun, tanpa asuransi rumah, risiko mungkin mengintai kesehatan keuangan Anda dan keluarga.

Berbagai situasi dalam kehidupan bisa saja terjadi, seperti musibah kebakaran, perampokan, dan bencana alam yang dapat terjadi secara tiba-tiba. Setiap keluarga yang memiliki rumah dapat meminimalisir risiko ini dengan memiliki asuransi rumah.

Salah satu jenis asuransi properti adalah asuransi rumah. Bagi Anda yang sudah memiliki rumah pribadi, asuransi rumah akan memberikan proteksi dari berbagai kejadian yang dapat menimpa rumah Anda. Saya teringat saat masa kecil, saat keluarga kami baru pindah dari luar negeri, menempati rumah baru di Jakarta, lalu dua minggu kemudian pencuri berhasil menerobos rumah dan mengambil nyaris seluruh barang elektronik yang ada. Beruntung tidak ada korban jiwa, tapi peristiwa itu meninggalkan trauma secara batin dan juga hantaman terhadap kondisi keuangan keluarga.

Beruntung, orang tua saya sudah mengenal pentingnya memiliki asuransi rumah. Sehingga, setelah dilakukan investigasi oleh perusahaan asuransi, kami menerima klaim penggantian tunai yang dapat digunakan untuk membeli dan menggantikan barang elektronik yang tercuri. Kondisi rumah mungkin tidak akan persis sama seperti semula, tapi setidaknya kami masih tetap dapat menikmati tingkat gaya hidup yang serupa dengan sebelum musibah terjadi. Bayangkan jika tidak memiliki asuransi rumah, pencurian barang rumah tangga dapat meninggalkan tumpukan utang dan belum tentu kami dapat menikmati taraf gaya hidup sebelumnya.

Asuransi rumah memiliki fungsi utama, yaitu proteksi atas risiko terjadinya kebakaran (fire), petir (lightning), ledakan (explosion), kecelakaan transportasi udara (aircraft), dan asap (smoke) atau biasa dikenal dengan istilah FLEXAS. Keluarga yang memiliki asuransi rumah akan lebih tenang apabila salah satu musibah yang tersebut diatas terjadi. Perusahaan asuransi akan mengganti kerugian berdasarkan syarat dan ketentuan berlaku dan memberikan penggantian biaya sesuai dengan nilai pertanggungan yang dibeli. Penggantian biaya tersebut dapat digunakan untuk mengganti barang-barang yang hilang/rusak atau untuk memperbaiki kerusakan rumah Anda.

Selain itu, asuransi rumah juga akan memberikan penggantian atas isi rumah apabila musibah tersebut terjadi. Bayangkan jika selama ini Anda memiliki televisi, lemari es, pendingin ruangan, dan komputer, lalu semua benda rusak karena kebakaran, gaya hidup Anda pasti akan berubah. Jika ada asuransi rumah, maka penggantian biaya dapat digunakan untuk menggantikan barang yang hilang bila risiko terjadi.

Asuransi rumah juga sangat bermanfaat dan Anda butuhkan bagi yang masih memiliki cicilan pinjaman rumah. Pihak pemberi fasilitas pinjaman pasti tidak ingin agunan menjadi hilang atau berkurang nilainya saat terjadi risiko yang dipertanggungkan.

Saat membeli asuransi rumah, Anda dapat langsung menghubungi pihak perusahaan asuransi umum atau dibantu melalui agen asuransi dan pialang. Tarif premi asuransi rumah bervariasi tergantung lokasi properti, persentase terhadap nilai pertanggungan dan juga apabila Anda memperluas jaminan perlindungan. Saat ini, jaminan perlindungan dapat diperluas untuk risiko banjir, gempa bumi, serta huru-hara. Asuransi rumah umumnya berdurasi satu tahun. Apabila tidak terjadi risiko maka manfaat perlindungan akan hangus.

Berhasil memiliki rumah tinggal sendiri merupakan salah satu tahapan kehidupan yang patut disyukuri. Namun, berbagai risiko dapat terjadi pada masa depan keluarga Anda, maka memiliki asuransi rumah akan memberikan sebuah ketenangan dalam menjalankan kehidupan. Pastikan Anda menghitung berapa kebutuhan nilai pertanggungan asuransi rumah yang dibutuhkan, tentukan apakah lokasi rumah membutuhkan jaminan yang diperluas, dan pilihlah perusahaan asuransi umum yang baik serta terpercaya. Live a Beautiful Life!

0 comments:

Post a Comment

Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau titip link akan dimasukan ke folder SPAM.
Untuk pertanyaan di luar topik artikel silahkan kik OOT (apabila dipertanyakan di sini, mohon maaf apabila tidak dibalas).

Member AktifKonvert Kode